Memburu Kebahagiaan…..

October 9, 2008 at 7:43 am | Posted in Artikel | 7 Comments
Tags: ,

Bahwa insan hidup di dunia ini pasti mencari kebahagiaan, tidak ada insan hidup di dunia ini yang mencari kesengsaraan dan penderitaan.

Menurut Aristoteles bahwa “ Bahagia “ itu untuk semua manusia, walau binatang sebenarnya juga merasa bahagia namun kita tidak mengetahuinya tentang bahasa binatang itu sendiri.

Menurut Prof. Hamka bahwa “ Bahagia “ itu bermacam-macam misalnya :

–          Orang yang sakit akan merasakan bahagia jika ia sembuh,

–          Orang yang sedang jatuh cinta, ia akan merasakan bahagia jika diterima cintanya,

–          Orang yang miskin akan merasakan bahagia jika ia terpenuhi kebutuhannya, dan lain   sebagainya.

Kita  sebagai  umat  Islam  akan  merasakan  kebahagiaan  jika  Qona’ah “menerima apa yang ada dan mensyukurinya”( tetap berikhtiar tanpa menyerah)” serta mau diatur oleh Allah SWT dan Rasulullah SAW, bukan menerima apa adanya ( tidak ada usaha) .

Dalam Surat Al-Ahzab ayat :71 yang artinya “ Niscaya Allah memperbaiki bagimu amalan-amalanmu dan mengampuni bagimu dosa-dosamu dan barang siapa mentaati Allah dan Rosulnya maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar.

ada 3 kelompok ukuran kebahagiaan:

Materialisme, orang yang selalu mementingkan dunia dan tidak percaya lagi    dengan kehidupan Akherat , sepanjang hidupnya untuk kebahagiaan dunia saja.

Ideologisme, orang yang selalu mementingkan akherat saja dan tidak pernah memikirkan kehidupan dunia, sepanjang hidupnya untuk mencari kehidupan akherat.

Dualisme , orang yang selalu mementingkan dunia dan akherat, karena dalam Islam dianjurkan keseimbangan antara keduanya, kita mau meraih kebahagiaan akherat tanpa dunia tidak akan tercapai, kita sebagai Pengabdi negara sudah selayaknya dan sepantasnya mengikuti aliran yang Dualisme ini. Marilah pada  hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1429 H momen yang sangat bagus ini kita mulai / manfaatkan yang sebaik-baiknya keseimbangan antara dunia dan akherat sehingga kita menjadi insan yang benar-benar bertakwa kepada Allah SWT dan semoga puasa ramadhan    1429 H masih “ koma dan bisa ketemu dengan ramadhan 1430 H, karena bila sudah “titik berarti kita sudah tidak menemui puasa ramadhan di tahun yang akan datang.

http://qolilmuh.wordpress.com.

7 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. saya bahagia,

  2. saya juga bahagia…

    di blog subpok mandarin juga ada beberapa berita bahagia loh. syukron🙂

  3. malam ini saya bahagia, bisa mengunjungi subpok arab, kaifa haalukum yaa subpok arab… afwan anaa masghul jiddan hatta maa istatho’tu ilaikum…minal aa idin wal fa idzin…

    —————————————————————————-
    Assalaamu’alaikum warahmatullaahi wabarokaatuh.
    Sayid Rahmat, kaifa haaluk al -aan? wa nahnu hunaa shihhatatan wa ‘aafiyah. Arjuuka an tasthatii ‘
    li jiyaarotinaa katsiir.

    http://marihanafiah.wordpress.com

  4. Afwaan… anaa mutaakhir. Fi hadzihi furshoh atakalam lisubpok ” Minal aidzin wal faizin, mohon maaf lahir bathin” Semoga subpok tetap selalu tegar dan ikhlas hingga nanti…

  5. Selamat memburu kebahagiaan, kalau kebahagiaan ibaratnya binatang buruan, tetapi kalau diibaratkan pintu, jika pintu kebahagiaan sedang terbuka masuklah dengan mengucapkan salam, tapi kalau pintu kebahagiaan sedang tertutup sabarlah, sebab semakin dipaksa membukanya maka dia akan semakin keras tertutupnya. itulah sifat kebagiaan di dunia yang fana ini.

  6. Kata pak ustad/zah siiih…bahagia itu ukurannya bukan materi atau benda yang nampak di mata….tapi di hati/batin nan tentram……setuju….??????

  7. wah hebat….kata2nya sampai membuatku semmeriwiiinnnggg….
    kak….kmi juga punya blog yg g klah bagus… kunjungi dan comentar juga ya di http://masamudamasakritis.wordpress.com/


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: