Teknologi Informasi dan Telekomunikasi bagi Subpok Arab

September 21, 2008 at 6:36 am | Posted in Info | 5 Comments
Tags: , ,

Perkembangan teknologi informasi dapat meningkatkan kinerja dan memungkinkan berbagai kegiatan dapat dilaksanakan dengan cepat, tepat dan akurat, sehingga akhirnya akan meningkatkan produktivitas. Perkembangan teknologi informasi memperlihatkan bermunculannya berbagai jenis kegiatan yang berbasis pada teknologi ini, seperti e-government, e-commerce, e-education, e-medicine, e-e-laboratory, dan lainnya, yang kesemuanya itu berbasiskan elektronika.

Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, pendidikan, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan.

Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data, sistem jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya sesuai dengan kebutuhan dan teknologi telekomunikasi digunakan agar data dapat disebar dan diakses secara global. Peran yang dapat diberikan oleh aplikasi teknologi informasi ini adalah mendapatkan informasi untuk kehidupan pribadi seperti informasi tentang kesehatan, hobi, rekreasi, dan rohani. Kemudian untuk profesi seperti sains, teknologi, perdagangan, berita bisnis, dan asosiasi profesi. Sarana kerjasama antara pribadi atau kelompok yang satu dengan pribadi atau kelompok yang lainnya tanpa mengenal batas jarak dan waktu, negara, ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor lainnya yang dapat menghambat bertukar pikiran.

Perkembangan Teknologi Informasi memacu suatu cara baru dalam kehidupan, dari kehidupan dimulai sampai dengan berakhir, kehidupan seperti ini dikenal dengan e-life, artinya kehidupan ini sudah dipengaruhi oleh berbagai kebutuhan secara elektronik.

Dan sekarang ini sedang semarak dengan berbagai huruf yang dimulai dengan awalan “e” seperti e-commerce, e-government, e-education, e-library, e-journal, e-medicine, e-laboratory, e-biodiversitiy, dan yang lainnya lagi yang berbasis elektronika.

Dalam kehidupan kita dimasa mendatang, sektor teknologi informasi dan telekomunikasi merupakan sektor yang paling dominan. Siapa saja yang menguasai teknologi ini, maka dia akan menjadi pemimpin dalam dunianya. Teknologi informasi banyak berperan dalam bidang-bidang antara lain : dalam bidang pendidikan(e-education).

Adapun yang akan kita bahas dalam tulisan ini adalah sebagaian kecil dari pentingnya Teknologi informasi pada Subpok Bahasa Arab dalam proses pembelajaran bahasa Arab. Karena begitu besar pengaruhnya Teknologi Informasi terhadap perkembangan pendidikan atau pengajaran.

Dalam sejarah perkembangan pengajaran telah mengalami beberapa perubahan media pembelajaran diantaranya :

– menulis dengan memakai papan tulis dan kapur

– menulis dengan menggunakan whiteboard dan spidol

– menggunakan slide proyektor dan transparansi

– menggunakan peralatan tape recorder

– menggunakan komputer/laptop dengan LCD Proyektor

Sekarang ini proses pembelajaran hanya baru pada tahap menggunakan komputer/laptop dengan LCD Proyektor. Namun itupun belum maksimal karena dihadapkan pada sarana pendukung lain yang kurang mendukung. Adapun untuk fasilitas jaringan internet di Pusdiklat Bahasa sudah memiliki jaringan internet yang luas mulai dari perkantoran, kelas belajar siswa sampai mess tempat tinggal siswa. Pemanfaatan Teknologi Informasi di Pusdiklat Bahasa sebenarnya bisa dilakukan secara maksimal oleh para pengajar dan siswa dengan sarana sudah ada. Namun dikarenakan belum digalakkannya pemanfaatan tersebut secara maksimal dan menyeluruh terutama pada proses belajar mengajar maka masih digunakan oleh beberapa bagian atau Subpok saja dan mereka (siswa) yang membawa atau memiliki laptop saja.

Lalu bagaimana peran seorang pendidik untuk mensikapinya?
Ada tiga kemungkinan yang terjadi :

1. Kemungkinan yang pertama adalah mereka yang antipati terhadap perkembangan teknologi ini, cenderung membangun benteng pertahanan diri bagi kemajuan arus perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Padahal kalau mau belajar walaupun sedikit lambat tentu dapat menerapkan dalam metode pengajaran.

2. Kemungkinan yang kedua adalah mereka yang cenderung berdiam diri dengan adanya arus perkembangan teknologi. Mereka adalah yang sudah tahu tapi tidak mau tahu dan tidak mau mengembangkan diri dengan memanfaatkan arus perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sebagai sarana yang baik dalam metode pengajaran.

3. Kemungkinan yang ketiga adalah mereka yang yang benar-benar memanfaatkan arus perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sebagai kekuatan yang positif dan selalu mengembangkan diri untuk melakukan inovasi metode pengajaran.

Dengan adanya Teknologi Informasi memunculkan paradigma baru dalam dunia pendidikan diantaranya :

1. Dahulu seorang guru dianggap sebagai satu-satunya sumber dari segala ilmu tapi dengan teknologi informasi ilmu tidak hanya didapat dari seorang guru, tetapi dapat dari mana saja (buku, internet, sharing pengetahuan dengan teman,pengamatan langsung, dll)

2. Dahulu seorang guru dianggap orang yang serba tahu tapi sekarang teknologi dan komunikasi (internet) lah yang dianggap sebagai sumber informasi yang dapat diandalkan.

3. Dahulu kegiatan belajar mengajar bersifat searah (guru kepada murid) sekarang kegiatan belajar mengajar dapat terjadi dalam dua arah bahkan lebih. (guru kepada siswa,siswa kepada guru, siswa kepada siswa, guru yang satu dengan guru yang lain, siswa kepada guru yang lain, dst,dst).

4. Dahulu seorang guru hanya mengandalkan buku diktat tapi sekarang guru dapat mengembangkan bahan ajaran tidak hanya bersumber pada buku diktat tapi juga memanfaatkan bahan ajaran yang ada di internet.

5. Dahulu media yang digunakan hanyalah papan tulis dan juga suara dari seorang guru tapi sekarang komputer/laptop dengan disertai LCD Proyektor dapat digunakan sebagai media dalam proses belajar mengajar.

Ternyata kalau kita sadari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sangat membantu seorang widyaiswara dalam menyampaikan materi pelajaran. Sesuai dengan salah satu penelitian yang menyebutkan potensi teknologi informasi dan komunikasi dalam membantu peningkatan efektivitas pembelajaran adalah

· 10 % Membaca Teks

· 20 % Mendengar Sound

· 30 % Melihat Grafis/foto

· 50 % Melihat mendengar & Video/Animasi

· 80 % Berbicara

· 80 % Berbicara dan melakukan Interaktif

Dari beberapa uraian di atas, maka kami menyarankan :

1. Untuk memanfaatkan sarana Teknologi Informasi dan Telekomunikasi yang ada secara maksimal dengan menyeluruh dalam hal ini kepada widyaiswara dan siswa dalam proses belajar mengajar baik memasukannya ke dalam kurikulum maupun sebagai sarana pendukung dalam proses belajar mengajar.

2. Mengadakan atau memiliki Warnet Gratis di dalam lembaga pendidikan seperti dikampus-kampus umum, untuk fasilitas siswa yang tidak memiliki laptop, sebagai upaya untuk memanfaatkan dan memaksimalkan Teknologi Informasi dan Telekomunikasi yang sudah ada.

Semoga uraian di atas dapat memberikan manfaat dalam peningkatan pendidikan, proses belajar mengajar di Pusdiklat Bahasa Badiklat Dephan.

5 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Assallammualaikum …..Ustads,
    wah maaf terlambat berkunjung….mohon dimaklumi, sekarang saya juga jadi Siswa jadi hari2 saya dipenuhi dengan PR dan tugas paparan yang tiada henti.
    Kalau bicara pengajaran memang tiada habisnya dan memang cocok dipusbahasa karena disinilah berbagai metode dan tehnik pengajaran diterapkan. Saya tertarik dengan apa yang dituliskan oleh penulis,
    “Dalam sejarah perkembangan pengajaran telah mengalami beberapa perubahan media pembelajaran diantaranya :

    – menulis dengan memakai papan tulis dan kapur

    – menulis dengan menggunakan whiteboard dan spidol

    – menggunakan slide proyektor dan transparansi

    – menggunakan peralatan tape recorder

    – menggunakan komputer/laptop dengan LCD Proyektor

    Menurut saya media atau alat bantu pengajaran hanya sebagai penunjang saja, faktor penting yg perlu dibahas lebih jauh “Metode Pengajarannya” karena akan lebih menarik dan orang lain atau subpok lain pasti ingin tahu metode apa yang akan dipergunakan atau yang dipakai oleh Suppok bahasa arab. Kalau di bahasa Inggris ada:
    1. Metode Translation method; belajar itu melalui penerjemahan.
    2. Audio-lingual Method: belajar dengan metode drill dan pengulangan.
    3. Communicative Language Approach; belajar yg bertujuan memperkuat komunikasi dan keakuratan berbahasa.
    4. Ada Silent way, suggestopedia dll…..

    Lha kita pingin tahu kalau bahasa Arab itu menggunakan methode apa gitu?

    Tambah dikit penulis, kalau mencantumkan jumlah data prosentasi2 itu harus hati2, itu apakah hasil penilitian atau hasil penelitian siapa itu harus dicantumkan sumbernya karena itu penting.

    Terima kasih, mohon maaf apabila ada kesalahan menulis…..selamat bekerja dan sukses bahasa arab.
    wassalammualaikum,

    erko

  2. Menurut saya, kr judulnya “Teknologi Informasi dan Telekomunikasi bagi suppok Arab”, maka syah saja informasi metode pengajaran yg Mas Erko sebut diatas tidak dicantumkan. Mungkin Subpok Arab akan membahas hal penting ini di kesempatan berikutnya.
    Tapi, kalau boleh menanyakan, bagaimana Suppok Arab memanfaatkan teknologi informasi dan telekomunikasi dlm menunjang proses belajar mengajar?
    Mengenai saran yang diberikan, sy pikir memang sebaiknya langkah tersebut dapat diambil. Kr berdasarkan penelitian, yang pertama kali harus di perbaiki adalah sikap/ pandangan para instruktur dan siswa mengenai komputer. Sikap menjauhi komputer harus dihilangkan. Rasa ingin tahu bagaimana memanfaat fasilitas komputer dan internet harus ditingkatkan. Sulitkah? Tergantung pada individu masing-masing.

    —————————————————————-

    Ustadzah Yuline Monako, saya sependapat dengan pemikiran ibu tentang memperbaiki sikap ataupun pandangan widyaiswara ataupun siswa terhadap komputer, sikap cuek terkadap komputer harus dihilangkan diganti dengan rasa ingin mempelajari , ingin mempergunakannya, dan mengisi dizaman IT ini ( janganlah kita hidup terbengong-bengong dengan kemajuan ini, atau kita masih hidup dizaman batu padahal zamai ini sudah modern………….menurut Kabadan dan saya sependapat) .

    http://marihanafiah.wordpress.com

  3. said erko :
    insya Allah nanti pada kesempatan tertentu kami subpok arab akan membahas metode yang digunakan subpok bahasa arab dalam pengajaran.

    Saidah Yuline :
    subpok bahasa arab sangat memanfaatkan sekali IT dan komunikasi dalam pengajaran. sebagai contoh kami menggunakan TI dalam penulisan bahasa arab di MS Office juga pemanfaatan internet untuk menunjang pengajaran, karena banyak situs2 yang berisikan pelajaran bahasa arab. dan kami memiliki jam khusus yang digunakan untuk pemanfaatan IT pada pembelajaran bahasa arab

    Syukron Katsiron

  4. Alhamdulillah, saya senang sekali dengan berbagai pembahasan dan diskusi tentang Teknologi Informasi diantara para WI ! Artinya, sudah cukup banyak diantara kita yang sadar akan perkembangan jaman yang sedang kita alami dan yang akan kita hadapi! Maka Insya Allah kita akan bisa turut ambil bagian dalam persaingan yang sangat ketat di era globalisasi. Sayang, sebagian dari kita masih belum mau bangun dari tidurnya…… padahal hari sudah siang……, kasihan mereka …..

    ——————————————————————————-

    Ass wr wb.

    Alhambulillah Kabadan, saya sangat bersyukur kepada Allah Yang Maha Kuasa yang telah memberikan rasa sadar tentang pentingnya penggunaan dan pemahaman IT dalam meningkatkan profesionalisme dan pengabdian (amal shalih) sebagai PNS Dephan,sebagai jalannya adalah upaya-upaya Kadadan dalam meninggatkan pengetahuan dan kemampuan bagi personel Badiklat khususnya dan umumnya bagi personel Dephan dan TNI . Semoga apa yang menjadi cita-cita dan impian Kabadan yang sangat mulia itu menjadi -menjadi kenyataan. Aamiin

    http://marihanafiah.wordpress.com

  5. Berkunjung dan baca infonya, mudah-mudahan bermanfaat bagi banyak orang, sukses ya.
    I Like Relationship.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: