ABU NUWAS ( ABU NAWAS)

August 9, 2008 at 7:17 am | Posted in Kisah-kisah | 6 Comments
Tags: , ,

Abu Nuwas (Abu Nawas) tinggal di Ahwaz, Iran Th 747-762 M , dan Bagdad 806-817 M.

Abu Nuwas ini seorang penyair arab yang telah mencapai puncak kemasyhurannya pada zaman Daulah Abasiyah pada masa Harun Al –Rasyid.

Nama lengkapnya adalah Abu Nuwas al-Hasan bin Hani al – Hakami, ayahnya seorang tentara pada masa pemerintahan Marwan pada dinasti Muawiah. Ibunya bernama Jelleban seorang pencuci kain wol. Pada masa kecilnya ia hidup dengan ibunya di kota Basrah ketika ayahnya telah meninggalkannya. Kemudian Abu Nuwas ini belajar bahasa Arab dan sastra Arab kepada dua orang budayawan arab yaitu Abu Zaid dan Abu Ubaidah, belajar juga ia tentang hadits dari Abdul Wahid bin Ziyad, Mutamar bin Sulaiman dan belajar Al-Quran dari Ya’qub al-Hadrami.

Ada seorang penyair dari Kufah yang mampu melihat bakat dan talenta yang dimiliki Abu Nuwas yang luar biasa ini, sehingga Abu Nuwas ini dibawanya kebeberapa penyair untuk belajar menggubah syair. Setelah mendapatkan ilmu-dasar-dasar menggubah syair, kemudian Abu Nuwas beranggat kepedalaman padang pasir dan berdiam, tinggal dan bercampur dengan orang-orang badawi, dengan tujuan memperdalam bahasa Arab dan memperhalus pengetahuan bahasa arab dan sastranya. Setelah selesai mempelajari bahasa arab dan sastranya Adu Nuwas kemudian kembali ke Basrah dan kemudian mengadakan hubungan dengan para amir, para pejabat kerajaan untuk menggubah syair-syair yang bertamakan pujian-pujian untuk mereka, sehingga Abu Nuwas ini terkenal dalam lingkungan kerajaan dan para pembesar kerajaan.

Di masa mudanya Abu Nuwas telah mengenyam berbagai kesenangan baik dari puncak ketenarannya, prestasinya, kesuksesan dalam pergaulan,dan keluasan ilmunya. Akan tetapi gubahan-gubahan puisinya terdiri dari tema-tema pujian, kemikmatan dalam perburuan binatang buas, menggambarkan mikmatnya khamar (minuman keras), wanita dan cinta, lelucon dan senda gurau, Puisi yang berbau Khamariyaat membuat ia terkenal karena pertama kalinya ia mengangkat tentang hkamar dengan menggambarkan kelezatan dalam minuman tersebut dan keburukannya, yang jelas-jelas minuman ini ditentang, dilarang agama.

Pada akhir menjelang hayatnya ia menggubah puisi yang bertemakan Zuhdiyaat karena akan penyesalannya dan bertobat atas segala kesalahannya yang telah ia perbuat semasa mudanya yang diakhiri dengan hidup zuhud.

http://marihanafiah.wordpress.com

6 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. abu nawas yang sering mucul dalam cerita-cerita lucu itu ya?

  2. Betul! Abu Nawas Itu nama Aslinya Abu Nuwas, baguskan riwayatnya, banyak Ilmunya, pengalamannya luas, ptedikatnya baik dan yang paling penting bai di akhir hidupnya.

  3. mohon teks arab syair abu nawas

  4. minta teks arabnya donk…

  5. q minta teks arbnya donk
    bukan cerita’a

  6. Kalau yg ni kog laen ya yg q dgr abu nawas tu orgnx dableg bego tp pinter ngkali png tau crt slanjutnx aja thx…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: