Bahasa Arab dan Pengodifikasiannya

May 9, 2008 at 4:40 am | Posted in Bahasa | 12 Comments

oleh:

Mariam

Bagian 1

Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa tertua di dunia, namun dalam pertumbuhan dan perkembangannya tidak diketahui secara pasti, yang jelas sampai kepada kita sekarang ini dapat diketahui dua abad sebelum datangnya Islam yaitu yang kita kenal dengan sebutan Sastra Jahili (al-Adab al Jaahilii).

Menurut sejarah, bahasa Arab dibagi dua bagian, yaitu Bahasa Arab yang telah punah (al-Arobiyyah al-Baa’idah) yaitu bahasa tersebut dipergunakan oleh orang-orang arab yang tinggal jauh dari sumber dan pusat bahasa Arab yang asli, namun dengan pembauran dalam perjalanan waktu yang cukup panjang maka lambat laun bahasa Arab telah didominasi oleh bahasa Armenia yang kemudian menjadi punah. Kedua bahasa Arab yang masih hidup (al- Arobiyya- al Baaqiyyah) yaitu bahasa Arab yang sampai sekarang masih digunakan oleh orang-orang Arab sebagai bahasa sastra, bahasa lisan dan bahasa tulisan, Bahasa Ini tumbuh dan hidup Hedzjaz dan Nejd kemudian berkembang di seluruh negeri arab.

Bahasa Arab merupakan suatu bahasa dari rumpun bahasa Semit yang dipergunakan oleh orang –orang yang tinggal di Semenanjung Arabia dan banyak sekali dialek-dialek yang tumbuh dan hidup disana, dan di Makah adalah dialek Kuraisy yang tumbuh dan berkembang pesat, dan faktor pendorongnya adalah:

  1. Faktor ekonomi,orang dari suku-suku Kuraisy pada waktu itu menguasai sumber-sumber ekomoni masyarakat.
  2. Faktor agama, Makah menjadi kota yang di sucikan dan mempunyai tempat peribadatan yang di sucikan yaitu Ka’bah dan di sana pula tempat-tempat berhala dipuja dan disembah oleh masyarakat Makah pada waktu sebelum datang Islam.
  3. Di dalam melakukan bermusyawarahan antar suku, dialek Kuraisy yang dipakai sebagai bahasa pengantarnya untuk seluruh wilayah Jazirah Arab.
  4. Sebelum datangnya Islam ada yang dinamakan pasar seni, pasar seni ini adalah pasar Ukaz dan pasar Majanah, pada bulan-bulan tertentu dua pasar tersebut diramaikan oleh kegiatan perdagangan dan sekaligus kegiatan perlombaan untuk melantunkan syiir-syiir yang ditulis oleh pujangga-pujangga arab, pujangga-pujangga ini merupakan utusan-utusan dari tiap-tiap suku, yang kemudian disaksikan oleh berbagai pengunjung yang datang dari berbagai daerah. Karya-karya pujangga yang menang dalam perlombaan itu maka hasil karyanya akan digantungkan pada dinding Ka’bah dan ditulis dengan tinta Emas. Dari kegiatan seperti inilah yang kemudian diakek Kuraisy ini memdominasi diakek-dialek arab lainnya.
  5. Dialek Kuraisy mempunyai karakteristik kebahasaan yang sangat unik.
  6. Setelah datangnya Islam yang disertai turunnya Al-Qur’an maka bahasa Arab kini menjadi sangat sempurna dalam ilmu kebahasaan dan dalam ilmu yang lainnya, Al-Qur’an memuat berbagai struktur kalimat/ jumlah yang sangat kaya, munculnya kosakata – kosakata baru yang mempunyai makna yang sangat dalam dan tinggi, gaya bahasa yang sangat indah. Kemudian pada awal datangnya Islam, Rasulullah melarang kepada para penyair arab untuk tidak membuat lagi syiir-syiir yang bernuansakan sanjungan percintaan, caci maki , ratapan-ratapan tetapi harus syiir-syiir yang memiliki nilai-nilai moral agama.
  7. Akibat terjadinya berbagai kemenangan dalam perluasan wilayah kekuasaan Islam maka bahasa Arab kini menjadi bahasa resmi di berbagai negara seperti Maroko, Al-Jazair, Libia, Mesir,Sudan, Suriah, Irak dan Iran, disamping daerah-daerah yang berada diwilayan Jazirah Arab.

12 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Selamat Subpok Arab! Selamat atas weblog-nya! Sudah dimulai jangan sampai berhenti dan hilang lagi! Bu Mari tulisannya bagus dan berguna, lanjutkan ya……

  2. Saya setiap hari mengunjungi blog ini, berharap melihat perkembangannya! Hari ini belum ada perkembangan apa-apa sejak blog ini diluncurkan 9 Mei yang lalu, apakah karena sibuk dengan siswa yang baru datang? Tolong sampaikan kepada Kapten Haifal dan PNS Ubaidillah, saya rindu ingin menyapa mereka di blog ini, sebagaimana saya melepas rindu dengan instruktur lain di blog mereka masing-masing. Ustad Dimni apa kabarnya? Semoga cepat sembuh dan dapat segera bergabung di sini untuk berbagi ilmu dengan lebih banyak orang! Wass Wr Wb.

  3. Selamat datang Siswa KIB Arab 2008, selamat belajar di P Bahasa! Manfaatkan kesempatan dan fasilitas yang ada dengan sebaik-baiknya, terutama manfaatkan fasilitas IT dalam proses belajar, percayalah bahwa metodologi belajar modern dengan dukungan IT akan mempermudah dan mempecepat peningkatan kemampuan anda, dan sekaligus membuat suasana belajar menjadi lebih menyenangkan!

  4. Saya datang lagi …….. belum ada perubahan?

  5. Selamat pagi Kabadan,
    Maaf baru membalas sekarang karna semenjak pembukaan kursus bahasa Arab ,saya disini sibuk dengan kegiatan belajar mengajar sehingga baru sekarang bisa membuka blog lagi.
    PNS Ubaidillah sedang mengikuti KIBI PNS DEPHAN, Pak Dimni sudah banyak kemajuannya dan sudah bisa sesekali mengajar, Kpt Haifal sibuk dengan dokinfo.
    Kemudian saya, mariam sedang mempersiap kan dua tulisan baru, namun masih belum berani dipublikasikan dan sedang dalam tahap pengeditan yang berkaitan dengan kesusastraan Arab, semoga saya bisa segera menyelesaikannya.
    Trimakasih atas perhatian dan dukungan Bapak.

  6. Kasihan deh saya, rajin bertamu tapi tuan rumahnya sendiri nggak pernah pulang!

  7. Saya datang lagi, ingin lihat tulisan yang baru, tetapi belum ada, juga belum ada yang muncul nama guru B Arab dalam kegiatan bloging Badiklat selain nama Bu Mariam. Jangankan punya blog sendiri, berkunjung dan memberi komentar di blog rekan sesama guru pun tidak. Tapi saya tetap sabar menunggu kok Bu Mary. Ass Wr Wb.

  8. Assalaamu’alaikum Wr Wb.
    Kabadan,sudah sering Bapak berkunjungan kerumah kami, tapi saya dan rekan-rekan saya sedang tidak ada di rumah.Kunjungan Kabadan ini telah saya sampaikan kepada semua instruktur bhs arab.
    Juga saya informasikan kepada Kabadan bahwa saya telah mengisi blog kepunyaan saya sesuai dengan harapan Kabadan. Terimakasih

  9. ass..ijin bergabung di subpok arab,..untuk memberikan semangat kepada siswa b arab yang sedang belajar di Pusdiklat bahasa,..

  10. Silahkan bagi yang ingin bergabung untuk belajar bhs arab atau yang ingin berbagi ilmu tentang bahasa arab silahkan.

  11. Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Marhaban
    ikut gabung nich dengan teman-teman. Pengin belajar bahasa Arab bareng-bareng.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

  12. http://www.ouarsenis.com


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: