Resep Masakan Arab VI (Afghani Biryani – Ruz Bukhari)

November 15, 2008 at 4:58 am | Posted in Masakan Arab | 30 Comments
Tags: ,

Afghani BiryaniNasi Bukhori dari Negri Afghanistan

Bahan-bahan
4 potong ayam, paha atas + paha bawah, kuliti, bersihkan, potong menjadi 2
3 cup beras Basmati (cup rice cooker kecil), cuci dan rendam 30 menit, tiriskan
1 buah bawang Bombay ukuran sedang, cincang
1 buah wortel, kuliti, cincang halus
4 buah tomat, blender
10 buah kapulaga utuh, keprek
10 buah cengkeh
1 batang kayumanis
½ sdt jinten bubuk
Garam dan gula secukupnya
Merica hitam bubuk secukupnya
Safron, sedikit saja
Air
Minyak goreng

Garnish:
Kismis, tumis dengan sedikit minyak sampai mengembung dan kempis kembali.
Sambal kemiri

Cara Membuat
1. Tumis bawang bombay dan wortel sampai berubah warna. Tambahkan ayam, masak sambil diaduk. Tambahkan kapulaga, cengkeh, kayumanis, jinten bubuk, garam, gula dan merica hitam bubuk. Masak sambil diaduk sampai tercampur rata dan ayam setengah matang.
2. Tambahkan tomat, aduk rata. Tutup wajan dan masak dengan api kecil sampai ayam matang. Sisihkan ayam dan air rebusannya.
4. Panggang ayam dalam oven sampai berubah warna. Lakukan pada kedua sisinya.
5. Masak beras dalam panci dengan air berbumbu rebusan ayam tadi. Aduk rata, tutup panci dengan aluminium foil dan tutupnya. Masak dengan api kecil. Perhatikan penambahan air, karena beras sebelumnya sudah direndam dengan air.
6. Matikan api, buka sedikit aluminium foilnya, taruh safron. Tutup kembali aluminium foilnya. Biarkan selama 5 menit. (Hati-hati waktu buka alu foilnya, karena uapnya panas banget).
7. Buka keseluruhan aluminium foil, aduk rata. Bisa tambahkan garam bila kurang asin.
8. Sajikan dengan meletakkan ayam diatasnya dan dimakan dengan kismis dan sambal kemiri

Sumber : http://iniaku.multiply.com

About these ads

30 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. keren mas. Dimana nih belajar bahasa arabnya. Oh ya aku juga ada blog tentang resep masakan nih.

  2. Ass. Wr. Wb.

    insyAllah aku nyoba resepnya sesuai amanah suami yg kebetulan sedang bertugas di Jeddah, minta klo dia pulang dibuatin masakan arab
    nah klo bumbu yg lainnya aku tau dan bisa adain tapi klo sufron itu apa ya ?
    please kasih tau aku dong bisa bye email
    thanks ya

  3. Alhamdulillah, akhirnya aq dapetin resepnya. Kangen banget nich pengen makan nasi bukhori, waktu aq pergi haji sering bangt makan nasi bukhori bareng suami ‘n friends. InsyaAllah pasti kucoba, tapi apa itu safron? Please kasi tau ya, belinya di mana? ditunggu lho…

  4. Saffron itu rempah-rempah dari bunga kurma yang dikeringkan. memiliki rasa khas pahit dan berbau harum seperti rumput kering. bisa dicari disekitar condet, tanah abang juga ada di PGC cililitan lantai tiga (maaf nama tokonya kami lupa). Syukron wslm.

  5. ass.wr.wb met kenal bu…..klau boleh minta resep nasi mandhi n menu masakan arab lainya…karena aq terima catring thks

  6. salam kenal…wah mau donk belajar masakan arab…kebetulan suami saya org yemen tp sayang saya gak bisa masak masakannya dan pgn bgt menyenagkan suami…saya dah cari2 info dimana tmp belajar masakan arab tapi kok gak pernah ketemu yah…ada info?

  7. kursus aja bu ma orang arab yang ada diindo :)

  8. saffron kl diindo disebutnya za’faron ya?

  9. اok banget ! tks bu.‎

  10. baru kali ini aq menemukan web seperti ini..aq dulu mantan tki di tim teng..cuma skrg lg mafie suqul..alias nganggur..klo boleh rencana aq mo buka resto kecilan..kebetulan di daerahku banyak mantan tki timteng..aq pengen belajar lg dan mengingat lg rasa nasi yg pernah aq tinggalin dulu..tp aq ksulitan buat mencari bahan2 tsb..aq minta bantuanya pada akhi..

  11. allah ………. allah…………. allah!!!!!!!!!!!!!!!
    mm… mara leziz ahlan wa sahlan
    sukron kitir hm punya suami orang arab itu rewelllllll banget.
    aku aku ga pernah masak masakan arab yang aku tau cuma semur jengkol ama lalab pete

  12. gmpang lg bikn mskn arab bukn cm wenak lezat,mantep….

  13. ah cpe bilng org arab rewel bgt..trgntung orngy’ lg…swmiqu smua trgntung qua,asli arab lg,y alhmdllh.tntuy’pngertian lbh2 dr org indo,

  14. wah kebetulan niyh saya lg pengen banget makan nasi bukhori….tp cari2 disemarang susah yaa…ada yg tau ga restoran yg jual nasi bukhori atau toko khusus rempah2 masakan arab disemarang?…makasih

  15. ibu2 yg cantik ga usah bingung,,sya skrang lgi d saudi,sya jadi koki masakn saudi,safrom itu seperti kunyit bubuk,atau pewarna mkanan wrna kuning,sya klo saprom nya habis,sya ganti pakai kunyit bubuk,soal rasa nya lebih enak,

  16. ASALAMUALAIKUM HEY TMN2 LAM KNL SMUA

  17. suamiku org arab dr yaman,tp pengertian,sabar n ga rewel dgn masakan malah lbh baik dibanding org indo

  18. Thank

  19. maknyuzzz..

  20. Makasi infox ya????

  21. lezat bgt masakan nya

  22. assalamu’alaikum wr. wb. trimakasih ats infony. suami sy org arab tp jg g rwel kyk org2 blg. mlh lbh baik n pengertian.

  23. assalamu’muallaikum,insya allah resep ini bermanfaat buwat sy yg lgi kerja di negri arab

  24. enk nyeeee…!””

  25. jd ngilerrr

  26. Aku pengen banget bisa masak masakan arab.. buat persiapan jd istri yg baik untuk calon saya, yg kbtulan alhamdulillah org tmur tengah..
    Ada yang tau tmpt kursus masak-masakan arab untuk daerah jakarta ga .. aku mohon infonya dong.. trims.

  27. nyaman

  28. Gan,,,please share dong resep sambal kemirinya…sukran

  29. Waaaaw enak sekali rasanya

  30. Emangnya enak punya suami orang arab dasar orang indo kaya sampah mending kawin dengan negara kita


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com. | The Pool Theme.
Entries and comments feeds.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: