Budaya Arab

September 8, 2008 at 11:54 pm | Posted in Budaya | 7 Comments
Tags:

Siswa bahasa Arab menerima pelajaran Orientasi Budaya Timut Tengah (Arab). Materi ini merupakan bagian dari kurikulum pendidikan bahasa Arab. Dengan tujuan untuk menambah pengetahuan dan wawasan tentang sejarah perkembangan bahasa Arab, Budaya, Adat Istiadat bangsa Arab, yang disampaikan oleh Hj. Midyan, MA, seorang pengajar dari LIPIA, UAI, UID dan Pelatih di KUH.

Materi yang disampaikan antara lain ;

a. Bahasa Arab. Sebelum agama Islam diturunkan, bahasa Arab hanya digunakan di jazirah arab, yakni meliputi Madinah, Mekkah, Yaman sampai Oman. Setelah agama Islam diturunkan oleh Allah SWT melalui nabi Muhammad SAAW dengan Alqur-an sebagai kitab sucinya yang menggunakan bahasa Arab, maka perkembangan bahasa Arab begitu pesat sejalan dengan syiar-syiar (penyebarluasan) agama Islam. Didukung dengan hijrahnya berbagai kabilah Arab ke wilayah Syam, Iraq, Mesir dan Maroko. Memberikan pengaruh yang sangat besar bagi perkembangan bahasa Arab yang semula bahasa terpinggirkan atau kurang dikenal menjadi bahasa percakapan yang meluas ke wilayah semenanjung Arabia termasuk Afrika. Sehingga bahasa Arab menjadi bahasa pemersatu umat, khususnya umat Islam.

b. Budaya. Penduduk Mekkah sebelum Agama Islam diturunkan sudah menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa sehari-hari. Mereka memiliki pemahaman bahasa yang sangat tinggi. Kebudayaan orang Arab terkenal dengan pandai menggambarkan sesuatu dengan kata-kata yang dirangkai begitu indah (syair). Mereka terkenal dengan pandai dan mahir dalam bersyair. Selain itu mereka juga pandai dalam berbagai bentuk kesenian, seperti tari-tarian yang menggambarkan perjuangan atau peperangan, melukis kaligrafi, mengisap asap atau yang terkenal dengan Shisa. Namun shisa ini sekarang sudah jarang digunakan karena shisa merupakan salah satu peninggalan budaya jahiliyah.

c. Adat Istiadat (kebiasaan). Adat istiadat (kebiasaan) orang Arab, diantaranya

1) Suka dan senang sekali dalam menerima dan menghormati tamunya. Tergambar dari, apabila orang Arab itu kedatangan tamu maka sebelum tamu itu masuk atau tiba dirumahnya mereka menyambutnya dengan wewangian, seperti membakar Bukhur salwa.

2) Memakai pacar (pewarna kuku) di kuku dan dilukis pada kaki mereka sebagai pendingin atau peredam panas.

3) Memakai shadow atau cela (bahasa jawanya) pada mata sebagai penajam pandangan bagi laki-laki maupun wanita.

Selain beberapa contoh di atas yang diterangkan oleh Ibu Hj. Midyan, MA, beberapa pertanyaan pun muncul dari siswa yang ingin tahu lebih jauh tentang bahasa, budaya dan adat istiadat orang Arab, diantaranya ;

Pertanyaan : mengapa wanita-wanita arab identik dengan berpakaian tertutup warna hitam, memakai cadar (menutup wajahnya sampai matanya saja yang terlihat) dan laki-laki berpakaian putih ?

Jawab : wanita-wanita arab memakai pakaian tertutup dan memakai cadar dikarenakan memang itu adalah ketentuannya dalam islam yang sebenarnya selain memang karena iklimnya. Wanita arab itu suka dengan pakaian warna hitam karena iklimnya yang panas dengan pakaian warna hitam bentuk tubuhnya tidak terlihat secara transparan serta para wanita arab itu jarang keluar dari rumahnya kecuali untuk hal-hal yang sangat penting, sedangkan laki-lakinya menggunakan pakaian warna putih karena mereka sering diluar rumah, karena warna putih dapat menyerap udara panas.

Pertanyaan : Apa kebiasaan orang laki-laki yang ada dalam pergaulan orang arab ?

Jawab : pertama orang Arab memiliki kebiasaan apabila menginginkan atau meminta sesuatu kepada orang lain, agar diberi yang diinginkan mereka merayu dengan cara mengusap-usap janggut orang yang dimintainya.

kedua orang Arab marah kalau dipegang atau ditepuk pantatnya dan tidak marah kalau dipegang kepalanya.

Ketiga orang Arab memiliki kebiasaan memuji dan mendo’akan yang baik terhadap saudaranya, misalnya mengucapkan “ahsanta”, “ahlanbik”, “Barokallaohubik”, “Masya Allah” dan lain-lain.

Demikian beberapa pengenalan atau orientasi budaya dari negara Arab, untuk kita jadikan sebagai pengetahuan apabila suatu hari nanti mendapat tugas kenegara-negara Timur Tengah. Semoga memberikan manfaat. Aamiin.

About these ads

7 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. bagaimana kawinnya wanita arab???

  2. Seperti anda, Saya sangat tertarik dengan adat istiadat kita, oleh karena itu saya membahas tentang budaya pernikahan adat yang ada di Indonesia, mohon masukan dan dukungannya ya makasih :)

  3. laki laki arab menginginkan wanita dengan merayuuuuuuuu,begitupun sama laki laki Indonesiaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

  4. manita arab kayany harus menikah dgn pria arab juga,,,

  5. wanita arab katany harus menikah dgn pria arab juga,,,

  6. maaf sebelumnya, apa yg harus dipersiapkan mahasiswa indonesi yang akan belajar di Saudi Arabia< mengingat iklim dan pola hidup yang berbeda dengan Indonesia? kira-kira barang-barang apa yang harus dibawa?

  7. jika wanita arab harus menikah dengan laki2 arab, apa laki2nya juga harus menikah dengan wanita arab juga?
    bagaimana jika menikah dengan suku yg berbeda?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com. | The Pool Theme.
Entries and comments feeds.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: