Resep Masakan Arab (Nasi Kabsah khas Saudi Arabia)

August 1, 2008 at 9:57 am | Posted in Masakan Arab | 19 Comments
Tags: , ,
200 gram daging sapi yang sudah direbus (empuk)
500 gram beras (sebaiknya beras basmati)
700 liter (atau secukup nya sesuai jenis beras) air kaldu dari rebusan daging
1 buah bawang Bombay rajang halus
2 siung bawang putih rajang halus
2 buah tomat potong kotak-kotak kecil
1 sdm tomato paste
1 sdt mix spice (bisa bumbu kari atau bumbu kambing)
1 Chicken block
3 buah cabe hijau
1 lembar daun salam
1 sdt jintan
4 kapulaga, 4 cengkeh, 1 cm kayu manis (semua optional)
2 sdm minyak untuk menumisCara Memasak:
Tumis bawang merah dan putih sampe wangi, setelah itu masukan tomat aduk sampai tomat hancur dan halus. Masukan mix spice, tomato paste, daging dan kaldunya. Biarkan sampai mendidih.sukan beras, cabe utuh, chicken block dan sisa bahan lain. Biarkan sampai beras mateng dan air kering. Siap disajikan. Daging bisa diganti dengan ayam (Chicken Kabsah) Daging atau ayam bisa direbus sekalian dengan tumisan bumbu dan biarkan sampai empuk sebelum beras dimasukan. Daging atau ayam yang sudah tercampur dengan bumbu dan bumbu meresap ke daging, bisa di tiriskan dan disisihkan terlebih dahulu sebelum memasukan beras, lalu Daging di bakar sebentar dan kemudian dihidangkan di atas nasi yang sudah mateng. Cara penyajian daging tergantung selera,
http://liza22.blogspot.com/2005/11/kabsah-al-saudia-nasi-khas-saudi.html
About these ads

19 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Hai Subpok arab, rasanya saya ingin mempraktekan resepnya tapi kok sepertinya agak ribet ya? ;)Bu Mari tolong masak-masak deh untuk kita…..

  2. Yunggu saja pada malam Internasional mudah-mudahan nasinya ada dan terjual habis,,,,bis.

  3. saya biasa masak yang standar punya buat makan sehari2.
    rebus daging> tumis bawang merah+cabe hijau besar yg sudah dipotong>masukin daging goreng sebentar saja (tanpa air rebusan)>masukin bumbu (garam,pasta tomat,bumbu penyedap instan, hel (mungkin kalo di indo gantinya kapulaga kali ya??) tumis sebentar>masukin air rebusan>setelah mendidih masukan beras>tunggu hingga matang atau aduk sesekali supaya tidak jadi kerak bawahnya.v
    intinya cuma ini. mau pakai tomat atau sayuran atau tambahan bumbu hanya optional. kalau pakai kunyit tidak pakai pasta tomat jadi warna kabsahnya kuning. kalau pakai pasta tomat jadinya kabsah merah.
    semoga bermanfaat…(^_^)V

  4. Hai,subpok arab saya gak tahu gimana ya bentuknya jintan dan kapulaga itu.

  5. masakan yg lezat

  6. boleh di coba………………….

  7. aku kangen mau masak lagi mskan saudi apa lagi sepageti dan nasi briani pst enak.

  8. Ak kangn sama masakan saudi, yang paling ak suka adalah nasi briani dan nasi Kabsah,
    n spageti juga,ak pngn buat spageti mmmm enak bngt pastinya,,,,

  9. mau nyoba

  10. tolong ajarin aku makanan khas mesir dong….soalnya calonku orang sana insyaallah

  11. Kalo makanan buat cemilan yang kalo ga salah namanya sambuse itu gimana ya cara bikin dan apa bahan2 nya?

  12. heeeem Kangen aqw makan Nasi Kabsah Qhas Saudy..

    Kpn~kpn bleh nie,nyobak di rumah..

  13. SaYa SuKa baNgeT dGn MasAkaN kHaS aRaB yG SaTu iNi,aMpe2 LuPa aMa NaSi uDuK DeH kLw uDaH aDa NaSsi KaBsaH.aWaLnYa SiH waKtu MenCoBa tRasA aNeH DiLiDaH kRn WanGi aKaN ReMpaHnYa TaPi LaMa2 tRaSa eNaK bGt mBoooooo,baGi yG bLm MenCoBa cePaTan DeH DiCoBa RuGiLoH kLw Ga MaU MeNcoBa

  14. terima kasih sharingnya namun ada sedikit pertanyaan: emang gak pake santan atau susu ya?

  15. ni klu bilng ada nasi kafsah kpala aku dah pning ,, habis tiap hri jdi tkang mask d arab cape bgt dgn bermacam2 bumbu ,, mlah jdi kngn ma maskn indonesia ,, ,,,

  16. Eli ,, klu mau buat sambosa tu mudah aja dek ,, blia aja kcang hijau ,, trus d rendam ,, klu dah agak kmbng dikit ,, kmu rebus ,, trus klu sudah empuk kmu tiris kn dah ,, kmu tumis kcang hijau tu dgn bumbu seperti bawang , merah,, dan penyedap rasa ,, klu mau lgi enak ,, campur daging sapi yg dah d haluskn ,, ,, bru d gulnung dgn klulit popia ,, mudah ,, aja trus d goreng dah , nyammm nyammmmmmm ,, selamt mncoba ,,,,,,

  17. Gyhuy

  18. Wah ini mah gampang….

  19. itu daging diganti daging ayam bisa ga


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com. | The Pool Theme.
Entries and comments feeds.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: